NASI KUNING

Nasi kuning adalah nasi yang dibuat dari beras yang dicampur dengan rempah-rempah khas Indonesia, dan disiapkan untuk acara Ulang tahun, sunatan, atau acara lainnya. Nasi kuning biasanya dibuat lengkap dengan ayam goreng, kering tempe, dan rempah kelapa.
Disini saya akan membahas cara membuat nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya.

Bahan :
• 300 gr beras
• 1 lembar daun pandan (20cm)
• 1 sdm kunyit parut
• 350 cc santan kental
• 2 batang serai, memarkan
• 3 lembar daun salam
• 2 lembar daun jeruk purut
• Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Beras dicuci dan ditiriskan, kemudian dikukus bersama daun pandan hingga setengah matang selama 20 – 30 menit. Angkat dan pindahkan ke wadah.
2. Sementara itu ambil 1 sdm santan, campur dengan kunyit parut aduk rata, lalu saring. Kemudian campurkan dengan santan, serai, daun salam, daun jeruk dan garam. Masak dengan api sedang hingga mendidih, sambil diaduk agar santan tidak pecah, teruskan memasak selama 2 – 3 menit, lalu angkat dari api.
3. Tuangkan santan berbumbu sedikit sedikit kedalam wadah yang berisi beras, aduk hingga tercampur rata dan biarkan hingga santan habis. Kemudian pindahkan kedalam dandang dan kukus sampai nasi matang.
4. Sajikan bersama ayam goreng, rempah kelapa, dan kering tempe, dan taburi dengan bawang goreng, irisan timun, dan irisan telur dadar.

AYAM GORENG
Bahan:
• 1 kg ayam
• 4 siung bawang putih
• 5 butir kemiri
• Sekerat kunyit
• 3 batang serai
• Garam secukupnya, dan minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Ayam dibersihkan dan dipotong menjadi 8 bagian
2. Haluskan bawang putih, kemiri, dan kunyit. Kemudian campur dengan ayam, serai dan garam, masak dengan api sedang sampai air mengering.
3. Panaskan minyak dan goring ayam sampai berwarna kecoklatan.

REMPAH KELAPA
Bahan:
• 4 siung bawang merah
• 3 siung bawang putih
• 4 butir kemiri
• 300 gr kelapa yang muda, parut
• 2 sdm ketumbar bubuk
• ½ sdt jintan bubuk
• 2 sdm irisan gula merah
• Garam
• ½ sdt merica bubuk
• 2 telur ayam
• 400 cc minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri
2. kemudian campur dengan kelapa parut, bumbui dengan ketumbar, jintan, gula merah,garam dan merica. Tambahkan telur dan diaduk hingga tercampur rata.
3. Ambil setiap 1 sdm campuran kelapa dan dibentuk bulat pipih
4. Panaskan minyak dan goreng sampai kecoklatan
5. Angkat dan tiriskan.

KERING TEMPE
Bahan:
• 300 gr tempe
• 300 cc minyak untuk menggoreng
• 4 siung bawang merah
• 3 siung bawang putih
• 4 buah cabe merah besar
• 4 sdm irisan gula merah
• 1 sdm air asam jawa
• 2 lembar daun salam
• Sekerat lengkuas, memarkan
• Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Tempe dipotong kecil-kecil, kemudian digoreng hingga kering dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan
2. Bawang merah, bawang putih diiris halus, cabe merah diiris serong tipis.
3. Tumis bawang merah, cabe merah dan bawang putih, tambahkan gula merah, air asam jawa, daun salam dan lengkuas.
4. Masukkan temped an bumbui dengan garam, aduk hingga tercampur lalu angkat.

SELAMAT MENCOBA

About these ads

18 Tanggapan to “NASI KUNING”

  1. betty djajaputra Says:

    Nanti saya coba,terimakasih saya sdh dpt informasi

  2. kaylanie Says:

    makasih ya…..
    resepnya, ane mau coba nih…

  3. Angiee Says:

    MaaCciee 2k resepnyaa:-P
    pake buat tgs dri kampus, maKkaciee bangeuttt!!!
    God bLes

  4. Lina Marliana Says:

    mantap nih.. aku pake resepnya yah, buat ultahnya Kei… Thanks a lot

  5. tri Says:

    thank’s tuk resepnya , coba ah….

  6. nani Says:

    untuk air santannya apa sama takarannya seperti air biasa untuk masak nasi

  7. ella Says:

    saya mo coba tuk ulang tahun anak saya yang ke 3 tahun.thank’s ya…….

  8. istiqomah Says:

    Ehm. .
    Kok nsi Kning iiank ak bwt Kgak eNak. .
    pDahaL ud iKuTin rSEp y. .

  9. fitri Says:

    saya mau coba besok kebetulan ada teman melayu ingin datang. terimakasih ya.

  10. pije Says:

    terima kasih ya resepnya, mau dicoba besok ada sjukuran ulang tahun di rumah. thanks

  11. yuni Says:

    terima kasih ya infonya
    nanti saya praktekan :)

  12. nia Says:

    trimksh byk, sy akan coba buat ultah anak sy k 1 thn

  13. Juzz applenk Says:

    Akhir’nya dapat juga resep cara membuat nasi kuning,,skrang istri saya lebih semangatt jual nasi kuning..trimakasih atas info’nya.

  14. Eni Says:

    Ini resep mantab banget, saya tinggal di belanda dan kangen sekali masakan ini. Begitu saya coba, wadooohhhhhhh jadi lupa tanah air :) dan rasanya khas sekali, benar2 mantab dah. makasih ya. Idenya bagus sekali menaruh resep nasi sekalian lauk pauknya.
    Semua bisa jadi satu masaknya gak usah nyari2 resep lauk lagi. Succes untuk resep2 berikutnya ya.

  15. yuli maemunah Says:

    terima kasih dg resep-resep nasi kuningnya tapi terlambat karena perlombaannya sudah berakhir waktu acara maulid nabi, mudah-mudahan tahun depan bisa di praktekan & akan jadi juara.

  16. rini Says:

    akan ku coba membuatnya mudah” berhasil.terima kasih buat resepnya.

  17. nash Says:

    makasih resepnya nyoba untuk mulai usaha… :-)

  18. indah Says:

    thank’z ya resep nya akan ku coba buat ultah suamiku ^_^


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: